Kru seumangat geutanyo ban mandum

Menyoe ka troeh neu jak keuno, bek male-male bak neu rawon. sabeb aleh pat seubab nyang peugot droeneuh perele keu aso blog nyo bek lale neu cok laju. Hai enteuk nyoe dron teubit bek tuwo peutinggai pesan.semoga blog nyoe bermanfaat....

Jangan malu-malu,,anggap jo blog kito basamo...

mene lot kirono yang perlu aku mengkot ko bo blog ino, ulang lupo saran tading ko janah..

bak malangkah acok nan tasanduang, saupo patuah di urang tuo kampuang mano gadiang nan tak ratak mano manusio nan tak panah salah dan silap, jadi kalau ado isi blog nan tak seronok, atau nan tak lamak dibaco, mohon lapehkan maaf kek ambo..
wassalam,

Senin, 05 Oktober 2009

inovasi or dead

Inovasi adalah kunci kemenangan besar seperti kata Prof Peter Drucker, profesor ahli dibidang manajemen yang terkenal di dunia. Inovasi adalah suatu perubahan besar yang bukan hanya menciptakan produk yang baru dan lebih baik tetapi juga pengembangan sistem yang lebih baik dan konsep bisnis yang baru. Sering orang terjebak kepada konteks pemikiran lama sehingga pikiran secara tidak sadar sebenarnya mengikuti pemikiran sebelumnya (In the Box), sehingga seluruh pemikiran masih dalam satu kotak besar hanya warnanya saja yang berbeda-beda tetapi bentuk masih tetap sama.Hal ini tidak hanya terjadi dalam segi bisnis tetapi hampir semua bidang kehidupan. Dalam segi bisnis, bayangkan kalau setiap orang berkelahi dan setiap orang mengeluarkan jurus yang sama sehingga satu pukulan dibalas dengan pukulan lain, siapakah pemenangnya? Mudah menjawab adalah mereka yang mempunyai stamina paling besar atau dalam dunia usaha adalah mereka yang bemodal kuat. Oleh karenanya kita harus mengandalkan otak bukan otot. Sesuai judul dari topik ini, kita akan membahas bagaimana untuk maju dengan bermodal inovasi.
INOVASI DALAM BISNIS PERBANKANProf. Jerry McCharty menyempurnakan gagasan Prof. Richard Clewett dan dipopulerkan oleh Prof. Philip Kotler yang menggunakan kerangka bisnis dalam formula 4P yang memudahkan orang untuk memperhatikan 4 hal utama dalam berbisnis dan berkompetisi. 4 P tersebut adalah :1. Product = Produk2. Price = Harga3. Place = Pasar4. Promotion = PromosiDan kita juga akan menggunakan kerangka 4P untuk membahas inovasi di keempat bidang tersebut.INOVASI DALAM MENCIPTAKAN PRODUK BARU BANKMenciptakan pasar baru adalah menciptakan jurus baru yang dapat menarik nasabah sebanyak-banyaknya dengan kreatif dan efesien. Seorang pimpinan yang mengerti seluk beluk dunia perbankan akan lebih baik dalam berinovasi. Kuncinya adalah ia mengerti inti dari kebutuhan dan kepuasan pelanggan.Kalau kita mengerti inti dari bisnis yang kita jalani maka kita mengerti bagaimana konsep bisnis (jurus) yang diinginkan pasar sehingga kita bisa menciptakan produk baru dengan pendekatan baru yang dikehendaki pasar. Dengan demikian inovasi produk kita akan keluar dari kotak (out of box) dan bukan hanya sekedar menambahkan sesuatu seperti warna atau bentuk yang mana di mata customer tidak ada yang baru atau lain. Contoh produk innovator misalnya teh botol dimana mereka bisa mengaplikasikan teknologi untuk memasukkan teh dalam botol yang higenis padahal orang tahu kalau teh tidak tahan lama, tetapi mereka bisa melihat peluang dimana orang butuh minum yang cepat dan sederhana. Mereka menguasai inti dari industri minuman yaitu teh yg bagus, praktis, harga terjangkau, sehat. Atau google yang menciptakan search engine. Selain itu kebanyakan orang juga terjebak dalam pemikiran bahwa menciptakan sesuatu yang berbeda adalah suatu inovasi padahal itu adalah pengembangan, alhasil mereka berusaha menciptakan produk-produk yang lain dari kompetitor utamanya. Misalnya dia ingin jualan bakmi, karena semua mie yang dijual berwarna kuning, maka dia berpikir untuk menciptakan mie yang berbeda yaitu mie warna hijau. Apakah ini termasuk inovasi dan produk yang diterima oleh pasar? INOVASI DALAM HARGAMenciptakan harga yang bisa diterima oleh pasar, maka kita harus mengerti tentang perceived value (nilai persepsi) bahwa murah atau mahalnya suatu harga ditentukan oleh persepsi misalnya minuman coca cola sama-sama dijual Rp. 5.000,- dengan cap Badak buatan pematang siantar (medan) maka persepsi customer coca cola adalah lebih murah karena merek dagang dan asalnya dari USA. Demikian pula dengan Louis Vuitton (tas termahal di dunia) yang tidak pernah mengadakan discount harga untuk produknya tetap menjadi nomor satu karena mereka mengerti bahwa orang membeli tas dia karena persepsi mahal itu mewah dan harga itu yang sepantasnya dibayar. Kalau diturunkan harganya maka orang akan mempersepsikan tidak sebagai tas mewah lagi. Jadi dalam inovasi menentukan harga, murah tidak menjadi jaminan laris manis dan mahal sekalipun tidak pasti berarti sulit jual asalkan kita mengerti dan memahami pasar yang kita tuju. Contoh perusahaan yang sukses dalam inovasi menentukan harga dan cara pembayaran adalah CITIBANK Credit Card, dimana mereka membuat sistem pembayaran yang simple untuk membeli barang elektronik yang harga mahal dengan sistem cicilan. Pelanggan tidak menyadari tingginya harga yang harus dibayarkan karena terjebak jumlah angka bulanan yang jauh lebih rendah. Pelanggan kartu Citibank gembira karena bisa membeli barang-barang elektronik yang diidamkannya dan pihak bank memperoleh keuntungan dari margin bunga dan fee yang harus dibayar penjual serta bertumbuhnya pemegang kartu yang seiring bertambahnya pelanggan potensial dan iuran tahunan yang bisa diperoleh. INOVASI PASAR (PLACE)Pasar adalah seperti wadah (bentuk). Produk adalah seperti air. Kalau kita mampu menciptakan produk seperti air maka produk kita akan dapat mengalir kemana saja dan di mana saja (pasar).Kita harus mencari pasar yang besar untuk produk kita, jangan mati di satu titik yang ngotot mempertahankan pasar yang masuk tahap sunset (suram) hanya karena dulu pernah sukses, kita harus selalu mau berubah yang disesuaikan dengan kondisi pasar pada saat itu.Kesalahan utama selain terus bertahan dalam pasar yang sunset adalah tidak mampu menciptakan pasar yang baru. Seumpama memancing di kolam ikan, terus saja bertahan memancing di kolam tersebut padahal sudah berhari-hari tidak mendapatkan hasil dan tidak berpikir untuk pindah kolam, hanya berpikir dulu pernah dapat ikan banyak dan tidak melihat situasi sekarang dimana jumlah pemancing lebih banyak dari jumlah ikannya.Ingat teori Blue Ocean, carilah samudera biru yang luas.Contoh produk yang berhasil dalam menciptakan pasar yang baru adalah E-BAY dimana mereka berhasil membuat inovasi pasar baru yang mempertemukan pembeli dan penjual di seluruh dunia dengan cepat. INOVASI DALAM PROMOSI"di dunia ini, semua menganggap yang indah itu ya indah, ini jelek,Semua menilai yang baik itu ya baik, hal ini justru tak baik,Akibat jalan pikiran yang demikianlah...."(Tao tek ching bab 2 )Promosi adalah teknik memperkenalkan produk yang sekaligus merubah pandangan masyarakat terhadap produk kita. Meski yang indah bisa jadi jelek tetapi asal banyak orang mengatakan indah ya akan indah dan demikian sebaliknya. Dalam kondisi persaingan usaha yang ketat dan banyaknya perusahaan yang berpomosi maka dibutuhkan inovasi baru dalam berpromosi yang bisa menarik perhatian. Pikiran adalah hal utama yang harus kita tanamkan ke dalam otak pelanggan sehingga semakin banyak orang yang berkata yang indah mengenai produk kita. Contoh inovasi dalam bidang marketing dan promosi, misalnya iklan a mild adalah contoh inovasi dalam iklan yang berhasil menaikkan image merek dengan permainan kata-kata yang tidak dilakukan sebelumnya oleh kompetitor lain.Bagaimana menumbuhkan Inovasi?Inovasi membutuhkan kreativitas yang tinggi dan luar biasa. Ada 3 cara bagi perusahaan untuk menumbuhkan kreatifitas :1. Mempekerjakan lebih banyak orang yang kreatif yang otaknya terus berputar dan selalu ingin tahu serta selalu bertanya.2. Menggunakan pihak luar misalnya konsultan, pihak universitas dan lain-lain untuk memberikan ide-ide baru dan besar bagi perusahaan.3. Di negara maju, pada beberapa perusahaan terkemuka, mereka mendorong semua staf perusahaan sebagai innovator potensial unuk memberikan ide bagus bagi perusahaan dengan langsung mengirim email kepada eksekutif senior dan yang idenya benar-benar brilyan akan diberikan hadiah baik bonus uang maupun jabatan sehingga setiap hari mereka menerima banyak ide baru yang segar.Berikut ini, kenapa pada umumnya orang-orang yang SIUTAO banyak yang berhasil dalam usahanya :1. Pikiran tidak pernah mati di satu titik2. Mementingkan Ceng Li3. Pikiran selalu flexible dan mau berubah sesuai situasi dan kondisi4. Pikiran tenang dan sabar dalam memecahkan masalah5. Tidak cepat putus asa6. Berpkiir kritis, selalu mau tahu dan banyak bertanya 7. Emosi terkendali8. Fisik sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar